Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Catat Meter Terpusat PLN dan Cara Menggunakannya – PLN sudah meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Catat Meter Terpusat bagi aparat yang bertugas yang mencatat meteran listrik pengguna dengan secara langsung ke PLN pusat.

Aplikasi diluncurkan dengan tujuan bisa mempermudah para petugas dalam mengerjakan mendata pengguna PLN.

Sehingga bagi Anda yang belum mengetahui terkait dengan aplikasi yang satu ini maka bisa membaca artikel ini sampai dengan selesai.

Apa Itu Aplikasi Catat Meter Terpusat?

Untuk Aplikasi Catat Meter Terpusat ini biasa disebut atau disingkat ACMT yang merupakan platform untuk HP Android khusus untuk petugas PLN dengan pekerjaan mencatat meteran listrik pengguna PLN.

Pihak PLN membuat Aplikasi ACMT ini karena masih banyak pengguna yang ditemui dalam menggunakan listrik PLN pascabayar, terutama mereka yang tinggal di daerah area perdesaan.

Selain dari pada itu, ditemui juga beberapa petugas pencatat meteran listrik yang sering merasa sangat direpotkan karena birokrasi yang rumit sebab perlu mendatangi kantor PLN terdekat untuk bisa membuat laporan.

Maka dengan adanya ACMT ini, sangat diharapkan para petugas pencatat tak perlu lagi datang ke kantor PLN terdekat. Karena untuk data-data yang dimasukkan akan langsung bisa terintegrasi dan masuk ke database PLN.

Download Aplikasi Catat Meter Terpusat

Untuk Aplikasi Catat Meter Terpusat milik PLN ini tidak dapat Anda temukan melalui Google Play Store karena memang bukan aplikasi yang bisa diakses bagi semua orang, melainkan hanya untuk petugas PLN saja.

Oleh karena itu Anda yang membutuhkannya bisa mengaksesnya lewat situs web yang sudah Admin sediakan dibawah ini.

portalapp.iconpln.co.id/acmt/

Kemudian Anda masuk ke situs tersebut dan Masukkan username dan password lalu langsung tekan ‘Login’.

Apabila Anda tidak memiliki akses, Maka bisa meminta username dan password ke bagian operator PLN kantor Anda.

Selanjutnya Anda bisa mengunduh aplikasi dengan cara menekan tombol ‘Download’, dan tunggu sampai proses mengunduh selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Sebelum Anda bisa menggunakannya maka perlu menginstalnya dengan secara manual karena bukan aplikasi seperti yang ada di playstore.

Anda Masuk ke pengaturan ponsel Android terlebih dahulu dan buka bagian ‘Keamanan’ lalu Klik ‘Sumber Tidak Dikenal’.

Setelah itu ada jendela notifikasi akan muncul maka Anda lanjutkan dengan klik ‘OK’ maka silahkan buka folder download dan cari file APK ACMT PLN yang sudah berhasil Anda unduh sebelumnya.

Baru setelah itu Anda Klik file tersebut dan ikuti petunjuk yang muncul sampai proses menginstal selesai.

Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakannya dan hanya perlu memindai meteran PLN di rumah-rumah melalui aplikasi ini yang sudah langsung bisa terhubung ke server.

Sehingga ke depannya Anda sebagai petugas tak perlu lagi untuk melakukan laporan ke kantor PLN terdekat.

Akhir Kata

Begitulah untuk informasi mengenai Aplikasi Catat Meter Terpusat yang akan bisa membantu pelacakan data pengguna PLN pascabayar dengan secara lebih mudah.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *