Mengenal Spirit Doll, Boneka Arwah Yang Lagi Viral

Mengenal Spirit Doll, Boneka Arwah Yang Lagi Viral

Mengenal Spirit Doll, Boneka Arwah Yang Lagi Viral – Sudah banyak dari kalangan selebriti yang memiliki Boneka Viral ” seperti Ivan Gunawan hingga Lucinta Luna ramai-ramai mengadopsi boneka arwah dan merawatnya seperti anak sendiri “.

Sehingga publik kembali menyoroti dari tingkah selebriti tersebut yang telah memelihara boneka arwah atau disebut dengan spirit doll.

Banyak sekali media yang telah mengabarkan bahwa Ivan Gunawan dan Lucinta Luna sudah mengadopsi boneka arwah dan merawatnya sama seperti dengan anak sendiri.

Selebriti tersebut tidak sungkan-sungkan untuk mengunggah kebersamaan dengan boneka viral tersebut pada akun media sosial.

Meskipun sebetulnya untuk keberadaan boneka arwah semacam tersebut sudah ada sejak zaman dahulu dan biasanya boneka semcam itu digunakan dalam beberapa ritual pemujaan.

Dimana Boneka biasanya sering diletakkan di altar serta dipergunakan di geraja atau biasa dipakai untuk menjadi objek pengabdian.

Untuk Boneka arwah sendiri bisa dengan berupa patung tokoh suci, leluhur, malaikat, dewa dan dewi dan lainnya.

Untuk saat ini, spirit doll telah populer serta banyak dimiliki yang dari tampilan bonekanya sendiri menyerupai bayi serta dirawat seperti manusia pada umunya.

Seolah-olah Boneka tersebut memiliki arwah seperti bayi atau manusia dan bahkan Boneka arwah ini sudah dijual dengan secara online.

Apa Itu Spirit Doll Viral?

Spirit Doll merupkan sebuah boneka viral yang banyak di adopsi para artis belakangan ini dan diketahui bahwa tren spirit doll ini berasal dari negara Thailand.

Pertama Spirit Doll bermula pada 2014 yang lalu. Sehingga kini, sudah terdapat di sejumlah online marketplace Indonesia.

Dari harganya sendiri beragam, mulai ratusan ribu sampai jutaan, ada bahkan yang mencapai ratusan juta rupiah.

Bagaimana Spirit Dolls Menurut Islam

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Miftahul Huda, telah menanggapi fenomena ini dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang boneka yang digunakan secara umum untuk mainan anak-anak.

Beliau mengatakan, bahwa Ulama’ Jumhur (mayoritas) ulama telah menyatakan kebolehan atas boneka menjadi mainan anak-anak.

Karena terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah ra:

“Aku dahulu pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasulullah Saw masuk ke dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padaku satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku.” (HR. Bukhari No. 6130).

Beliau KH Miftah berpendapat, bahwa bermain boneka akan mengajarkan anak-anak memiliki rasa tanggung jawab. seperti menjaga tetap bersih dan terawat, tidak rusak, bahkan sampai dengan memakaikan baju.

Namun beliu juga menekankan bahwa akan terjajadi masalah apabila menyayangi boneka dengan melampaui batas kewajaran.

Seperti orang yang sudah dewasa dan masih saja menjadikan mainan boneka sebagai fokus utama dalam kehidupannya.

Sehinga orang tersebut perlu membawa bonekanya kemana orang tersebut pergi, Apabila sudah demikian maka bisa timbul sebuah masalah kesehatan mental.

Apalagi orang tersebut beranggapan atau mempunyai keyakinan bahwa boneka mainan tersebut mempunyai sifat-sifat ketuhanan.

Seperti mampu untuk mendatangkan kebahagiaan, ketenteraman, serta diadopsi untuk menjadi anak. Maka hal tersebut adalah salah satu bentuk kesesatan.

Secara fikih, Dalam mengadopsi boneka tentu saja tidak akan dibenarkan. Sebab, boneka tersebut merupakan benda mati. Apalagi terdapat kepercayaan bahwa dalam boneka tersebut berisi ruh atau arwah.

Begitulah untuk informasi terkait dengan Spirit Doll, Boneka Arwah Yang Lagi Viral saat ini yang mungkin perlu Anda ketahui juga agar tidak ikut tren tersebut.

Sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.