Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital Yang dibagikan Mulai 15 Maret

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital Yang dibagikan Mulai 15 Maret

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital Yang dibagikan Mulai 15 Maret – Para masyarakat akan dipermudah untuk menangkap siararan TV Digital ketika siaran TV Analog sudah dihentikan.

Dimana Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebentar lagi akan membagikan perangkat Set Top Box Gratis (STB) Gratis TV Digital bagi masyarakat.

Untuk informasi estimasi yaitu akan ada 6.7 juta STB gratis yang akan disalurkan kepada para warga miskin.

Yang mana akan ada tiga tahap penyaluran dengan sesuai proses Migrasi TV Analog ke Digital dan sampai saat ini sudah tersedia sebanyak 3.203.854 atau 3,2 juta STB.

Sehingga dari ketersediaan tersebut akan didistribusikan pada 166 kabupaten/kota yang sudah terdampak pada Analog Switch Off (ASO) Tahap 1.

Dari beberapa informasi yang sudah beredar bahwa Kominfo dan penyelenggara multipleksing (mux) sudah menetapkan tanggalnya yaitu 15 Maret sampai dengan 30 April 2022 untuk waktu pembagian set top box gratis TV digital ini.

Apabila Anda ingin mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital ini maka Anda pahami terlebi dahulu apa saja beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Syarat Untuk Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

Sebelum bisa menerima bantuan Set Top Box Tv Digital Gratis ini ada beberapa syarat yang sudah dipertimbangkan oleh pemerintah yang diantaranya adala sebagai berikut:

1. Sebuah Rumah tangga miskin yang masih menggunakan TV analog

Untuk syarat yang pertama bagi peneriman bantuan ini yaitu rumah tangga miskin yang menggunakan TV analog di rumahnya.

Sehingga nanti setelah selesai digitalisasi penyiaran, mereka akan tetap bisa melihat berbagai tayangan dan merasakan pengalaman baru pada siaran TV digital.

2. Lolos proses validasi dan verifikasi

Dimana para Petugas yang akan melakukan distribusi kemudian akan melakukan validasi serta verifikasi kepada penerima bantuan tersebut sesuai dengan data pemerintah.

Karena untuk proses tersebut akan dicocokkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Keluarga (KK).

Sehingga apabila hal tersebut tidak sesuai dengan kriteria sebagai penerima bantuan, maka set top box gratis tersebut akan dikembalikan lagi ke gudang.

Namun apabila sudah sesuai dengan kreteria maka set top box gratis tersebut akan diserahkan oleh petugas.

Maka petugas akan langusng melakukan instalasi pada perangkat ke TV Analog penerima hingga bisa berfungsi dengan baik.

Mekanisme Distribusi Set Top Box Gratis TV Digital

Setelah Anda sudah mengetahui beberapa syarat untuk menjadi sebagai penerima bantuan set top box tv digital gratis maka selanjutnya Anda bisa mengetahui tentang mekanisme pendistribusian tersebut.

  • Pengiriman akan menuju pada lokasi di kabupaten/kota dan kemudian akan masuk gudang penyelenggara pos/logistik di 341 kabupaten/kota.
  • Setelah itu akan melakkan pengiriman door to door pada rumah tangga miskin yang sebagai penerima bantuan.
  • Selanjutnya Petugas akan melakukan verifikasi beserta validasi data penerima bantuan dengan menyertakan sebuah KTP beserta KK dan juga kepemilikan TV di rumah. apaila tidak sesuai sesuai dengan data bantuan, maka STB gratis tersebut akan kembali ke gudang.
  • Apabila sesuai maka Petugas akan langsung melakukan serah terima kepada menerima bantuan set top box gratis TV digital dan melakukan instalasi perangkat hingga dapat beroperasi seta bergfungsi secara baik.
  • Lalu Petugas akan memindai QR Code melalui WhatsApp pada layar TV yang sudah berhasil diinstalasi dengan STB dan petugas akan menginput nama, NIK/KK, alamat, foto penerima bantuan & KTP melalui WhatsApp.
  • Yang terakhir Petugas akan menyiapkan berita acara serah terima
  • Selesai

Begitulah untuk informasi tentang Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital Yang dibagikan Mulai 15 Maret.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengetahui informasi tentang bantuan pemerintah ini.

Cukup sekian dan sampai jumpa.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.