BPNT 2022 Mendapatkan Uang Tunai 600-200 Ribu atau 2.4 Juta

BPNT 2022 Mendapatkan Uang Tunai 600-200 Ribu atau 2.4 Juta

BPNT 2022 Mendapatkan Uang Tunai 600-200 Ribu atau 2.4 Juta – Salah satu bantuan pemerintah yang akan didapatkan masyarakat adalah BPNT.

Yang mana BPNT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang akan disalurkan oleh pemerintah dalam rangka untuk membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Kementerian sosial akan menjangkau jutaan keluarga penerima manfaat (KPM) melalui bantuan BPNT ini.

Agar bisa mempercepat pencairan dana BPNT ini maka kementerian sosial sudah menggandeng PT Pos Indonesia untuk dapat bekerjasama dengan mengantarkan dana sampai ke rumah para penerima bantuan dengan cara (door to door).

Diketahui dari informasi yang beredar, BPNT pada tahun 2022 ini akan dicairkan dalam bentuk yang sedikit berbeda dari pada sebelumnya.

Sehingga pada kesempatan kali ini Admin akan membahas dengan secara lengkap bantuan BPNT 2022 yang sebentar lagi akan dicairkan oleh pemerintah.

BPNT 2022 Berupa Apa Saja?

BPMT adalah Bantuan Pangan Non Tunai yang akan dibagikan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPR).

Dimana pada awalnya bantuan ini hanya berubah pangan dengan bentuk sembako yang akan dibagikan dengan secara langsung.

Akan tetapi, sudah ada kabar baik bagi para penerima bansos sembako atau BPNT tahun 2022 kali ini. Karena untuk BPNT 2022 akan cair secara rapel dari bulan Januari sampai pada bulan maret.

Penerima bantuan ini akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 200.000 per bulan yang akan dicairkan Rp. 600.000 dengan sekaligus melalui PT Pos Indonesia.

” Pencairan dana BPNT 2022 ini serentak mulai hari minggu, 20 februari 2022. Kami memutuskan untuk menyalurkan BPNT tersebut melalui PT Pos Indonesia, ” Ucap menteri sosial (mensos) Tri Rismaharini, jakarta, minggu(20/2).

Para penerima BPNT nanti akan diberikan ATM yang akan berisikan saldo dari pemerintah dan untuk saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk pembelian sembako pada e-warong (elektronik warung gotong royong).

Dimana untuk BPNT ini akan diterima oleh KPM selama satu tahun dengan jumlah Rp 2,4 juta dengan nominal penyaluran Rp 200 ribu per bulan.

Dari kabar yang banyak beredar untuk bantuan BPNT 2022 ini pemerintah sudah mengeluarkan sebanyak Rp 45,12 triliunan yang akan diberikan kepada seluruh penerima BPNT dengan secara merata.

Cara Daftar Kartu Bantuan Sosial

Apabila Anda masih belum termasuk penerima bantuan sosial sembako, maka Anda dapat melakukan pendaftaran dengan cara seperti berikut ini.

  • Untuk pendaftaran peserta keluarga penerima manfaat (KPM) ini akan dilakukan oleh kemensos
  • Sehingga untuk Calon KPM akan mendapatkan sebuah surat pemberitahuan terkait dengan teknis pendaftaran pada tempat yang telah ditentukan
  • Untuk Data yang telah diisi dengan secara lengkap oleh calon penerima akan diproses dengan secara paralel dan sinergis oleh pihak bank yang sudah bergabung dalam himpunan bank milik negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor kabupaten/walikota
  • Calon KPM harus membawa perlengkapan data seperti kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP)
  • Ketika semua verifikasi data sudah selesai, maka calon penerima bantuan sosial akan dibukakan sebuah rekening di bank dan akan mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS) 
  • Apabila penerima telah memiliki KKS maka bisa langsung datang pada e-warong (elektronik warung gotong royong) yang ada ditempat yang sudah disediakan. 

Cara Cek menerima BPNT 2022

Anda bisa mengecek apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima BPNT atau masih belum dengan cara melalui situs resmi kementerian sosial dan berikut ini untuk cara selengkapnya.

  1. Silahkan Anda masuk pada situs resmi atau bisa langsung klik link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kemudian isi dengan lengkap mulai dari nama provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau kelurahan, sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP) 
  3. Selanjutnya Anda masukan nama lengkap sesuai dengan nama yang ada di KTP
  4. Lalu masukan kode Verifikasi yang sudah tertera dan apabila kode masih kurang jelas Anda bisa tekan ‘refresh’
  5. Setelah itu Anda Klik ‘cari data’ dan Anda tunggu hingga hasil pencarian tersedia

Akhir Kata

Begitulah untuk informasi terkait dengan BPNT 2022 Mendapatkan Uang Tunai 600-200 Ribu atau 2.4 Juta yang bisa Anda ketahui.

Cukup sekian dan sampai jumpa pada informasi menarik lainnya, Semoga Anda termasuk penerima bantuan tersebut.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.