Aplikasi Pintar (BI) Begini Cara Tukar Uang Online

Aplikasi Pintar (BI) Begini Cara Tukar Uang Online

Aplikasi Pintar (BI) Begini Cara Tukar Uang Online – Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang akan berbagi THR kepada keluarga pada saat lebaran tiba.

Sehingga terkadang perlu menukar uang sebelumnya yang akan dibagikan dan pada sekarang ini sudah tersedia sebiah aplikasi tukar uang.

Aplikasinya bernama PINTAR tukar uang dari Bank Indonesia dimana pada setiap tahun Bank Indonesia memang kerap kali membuka tukar uang pada saat hampir lebaran.

Akan tetapi pada tahun sekarang Bank Indonesia telah memiliki mekanisme lain didalam penukaran uang baru.

Yang mana untuk penukaran uang baru bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Pintar yang sudah dirilis oleh BI.

Untuk Anda yang masih belum tahu secara lengkap tentang aplikasi yang satu ini mari simak ulasan selengkapnya terkait dengan aplikasi Pintar yang dirilis oleh BI pada berikut ini.

Tentang Aplikasi Pintar Bank Indonesia (BI) Untuk Tukar Uang

Aplikasi Pintar ini adalah sebuah aplikasi yang dirilis dengan secara resmi oleh Bank Indonesia agar bisa memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia dengan secara digital.

Untuk layanan yang dapat digunakan dalam aplikasi Pintar ini yaitu Penukaran Uang Rupiah Rusak atau Cacat, UPK 75 Tahun RI, dan juga penukaran uang baru.

Anda dapat menukarkan uang baru melalui aplikasi ini dan hal ini bisa lebih meminimalisir antrian panjang ketika banyak orang yang melakukan penukaran uang baru pada saat menjelang hari raya idul fitri.

Sehingga dengan melalui aplikasi Pintar tukar uang dari Bank Indonesia (BI) ini, para masyarakat tidak perlu lagi mengantri dan hanya perlu menentukan lokasi dan jumlah uang dan bisa melakukan pengambilan.

Cara Download Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia (BI)

Untuk layanan Pintar BI ini sendiri bisa dengan secara langsung diakses melalui halaman bank Indonesia yaitu melalui https://pintar.bi.go.id/.

Dimana melalui situs tersebut, Anda sudah dapat melakukan penukaran uang baru, uang cacat, serta UPK 75 tahun RI, Anda juga bisa melakukan tanya jawab dan juga mengetahui informasi seputar rupiah.

Sehingga Anda sebenarnya sudah bisa melakukan penukaran uang dengan cara memesan penukaran uang melalui situs Pintar dan tanpa perlu mengunduh aplikasinya di Play Store maupun App Store.

Meskipun BI sendiri sudah memiliki aplikasi ponsel yang bernama BI Mobile. Akan tetapi, ketika Anda melakukan penukaran, maka Anda akan dialihkan pada situs Pintar lewat browser.

Cara Melakukan Penukaran Uang Baru di Aplikasi Pintar

Apabila Anda memang ingin membagikan uag kepada orang-orang sebaiknya siapkan pada jauh-juah hari dan berikut ini untuk cara melakukan penukaran uang baru melalui aplikasi Pintar.

  1. Silahkan buka situs resmi Pintar lewat https://pintar.bi.go.id/
  2. Kemudian pilih menu Penukaran Uang Rupiah lewat Kas Keliling
  3. Setelah itu pilih Provinsi untuk lokasi penukaran uang
  4. Lalu Anda klik Lihat Lokasi dan pilih domisili penukaran uang
  5. Selanjutnya isi data diri yang meliputi NIK KTP, Nama, Nomor telepon aktif dan juga Alamat email
  6. Langkah berikutnua yaitu Anda masukan jumlah lembar yang akan ditukarkan melalui kas keliling
  7. Silahkan lakukan pemesanan dan Anda akan mendapatkan bukti pemesanan penukaran uang dari Bank Indonesia
  8. Langkah terakhir yaitu melakukan penukaran sesuai dengan jadwal serta jam yang sudah ditentukan

Seperti itulah untuk cara melakukan penukaran uang baru melalui Aplikasi Pintar BI Bank Indonesia.

Akhir Kata

Cukup demikian untuk informasi seputar Aplikasi Pintar (BI) Cara Menukar Baru Melalaui Online dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat Anda.

Sampai jumpa dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.