Apa Itu Aplikasi eHAC? Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan

Apa Itu Aplikasi eHAC? Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan

Apa Itu Aplikasi eHAC? Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan – Para warganet banyak yang mempertanyakan tentang sebuah Aplikasi bernama eHAC, Apa fungsi dan kegunaannya? simak selengkapnya pada artikel ini.

Untuk aplikasi eHAC sendiri masih ada hubungannya dengan pandemi yang saat ini masih sering muncul di Timeline dan juga beberapa berita belakangan ini.

Dengan hadirnya aplikasi eHAC ini dimana dkatakan bahwa menjadi aplikasi wajib yang perlu dimiliki oleh warga Indonesia apabila ingin melakukan perjalanan.

Sehingga ketika banyak orang sudah menggunakan aplikasi tersebut maka akan mudah dalam melakukan verifikasi penumpang selama bepergian.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai aplikasi eHAC ini Admin akan bahas secara lebih rinci pada keterangan di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi eHAC?

eHAC merupakan singkatan dari electronic-Health Alert Card atau sebuah kartu kewaspadaan kesehatan dengan bentuk elektronik atau sebuah aplikasi.

Dimana aplikasi ini bertujuan untuk semua warga yang ingin melakukan perjalanan domestik atau internasional selama masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Maka ketika menggunakan aplikasi eHAC ini bisa mempunyai harapan agar mampu meminimalisir beberapa resiko penularan Covid-19 ketika sedang melakukan perjalanan.

Untuk Aplikasi ini sendiri merupakan hasil dari sistem yang telah di kembangkan oleh kementerian kesehatan Indonesia (Kemenkes RI).

Terdapat banyak pihak yang dilibatkan dalam pengembangan aplikasi eHAC ini diantaranya adalah dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen Pencegahan dan pengendalian penyakit.

Pemerintah mewajibkan pengguna eHAC untuk mengisi data dalam aplikasi eHAC sebagai upaya dalam mendeteksi, mencegah, serta mengendalikan kedaruratan kesehatan Masyarakat Melalui beberapa titik masuk diantaranya seperti bandara, pelabuhan serta pos perbatasan Daratan.

Bagi yang ingin mendapatkan aplikasi eHAC bisa melalui aplikasi PeduliLindungi dengan cara yang akan Admin berikut ini.

Cara Mendapatkan Aplikasi eHAC

Bagi yang ingin mendapatkan eHAC maka bisa mengakses di PeduliLindungi yang sudah tersedia pada Google Play Store maupun App Store dan bisa mengunduh dengan secara gratis.

Dikutip dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan No HK. 01.02/MENKES/847/2021, eHAC telah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Oleh karena itu setiap warga ketika ingin melakukan perjalanan dan ingin mengisi data diri di aplikasi eHAC bisa langsung dengan mengunjungi aplikasi PeduliLindungi.

Apabila Anda masih bingung dengan cara mengisi data diri di aplikasi eHAC maka silahkan bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

Cara Mengisi Data Diri di Aplikasi eHAC Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Langkah berikut ini dapat menjadi acuan ketika ingin mengisi data diri melalui aplikasi PeduliLindungi.

Namun pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi serta memiliki akun pribadi dalam aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian Anda bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Anda buka aplikasi PeduliLindungi pada perangkat yang kamu gunakanyang sudah dimiliki
  • Tuliskan Electronik Health Alert Card atau eHAC pada bagian bawah aplikasi PeduliLindungi
  • Setelah itu Klik atau pilih eHAC
  • Lalu akan muncul menu pilihan “Domestic eHAC” untuk melakukan perjalanan pada wilayah Indonesia
  • Menu pilihan “Internasional eHAC” untuk melakukan perjalanan ke luar negeri
  • Selanjutnya Isi data diri pada Form registrasi dengan meliputi kewarganegaraan, Nomor identias, Nama lengkap, Jenis kelamin, Tanggal lahir, tujuan perjalanan lalu simpan dan klik Berikutnya
  • Kemudian isi data Kota asal, kota tujuan, alamat tujuan, serta detail transportasi yang akan di gunakan (Pesawat) dan klik Berikutnya
  • Berikutnya Anda isi Form “Pernyataan kesehatan” hal ini mencakup dengan kondisi kesehatan Anda
  • Apabila semua data tersebut sudah selesai kamu Anda isi dengan benar maka Klik Selesai
  • Selesai

Akhir Kata

Cukup demikan untuk informasi terkait dengan Apa Itu Aplikasi eHAC? Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan.

Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.