Pusaka Aplikasi Cek Keberangkatan Haji Begini Caranya

Pusaka Aplikasi Cek Keberangkatan Haji Begini Caranya

Pusaka Aplikasi Cek Keberangkatan Haji Begini Caranya – Apabila Anda sudah mendaftar sebagai calon jemaah haji dan ingin mengetahui kapan akan berangkat, maka bisa membaca artikel ini karena Admin akan memberikan informasinya.

Memang kesabaran umat sedang diuji ketika berbicara kuota ibadah haji. yang mana hingga saat ini, calon jemaah yang sudah mendaftar haji diketahui lebih dari lima juta.

Sementara untuk kuota haji dari Indonesia, ketika dalam kondisi normal, yang selama ini tersedia yaitu pada kisaran 211 ribu.

Untuk kuota yang sebesar itu terakhir sudah dirasakan para jemaah Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M.

Sementara itu, untuk kuota pada musim haji 1443 H/2022 M, masih dibatasi hanya sekitar 100 ribu. karena, pada saat itu penyelenggaraan ibadah haji masih terkait dengan suasana pandemi.

Kemudian pada musim haji 2023 ini pemerintah Indonesia masih terus berusaha mengupayakan tambahan kuota kepada pihak Kerajaan Arab Saudi.

Memang tingginya animo masyarakat untuk berhaji masih banyak sehingga menyebabkan mereka harus menunggu giliran untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Memang untuk lama antrean sangat beragam, bahkan ada hingga puluhan tahun lamanya. Lantas, bagaimana dengan jemaah agar bisa mengetahui perkiraan atau estimasi keberangkatan?.

Dengan demikian, Agar dapat memudahkan jemaah, Kementerian Agama sudah menghadirkan sebuah aplikasi layanan bernama Pusaka.

Seperti dilansir dari laman Kemenag, Kamis (8/12/2022), aplikasi yang dirilis Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 20 November 2022 itu, sekarang bisa diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS).

Tentang Aplikasi Pusaka Terbaru

Aplikasi Pusaka merupakan Layanan Lintas Agama yang memuat informasi dengan berupa pelayanan pendidikan, pelayanan bursa kerja dan pelayanan 6 agama di Indonesia yaitu Islam, Kristen, Katolik , Hindu, Buddha, Konghucu.

Aplikasi ini hadir dengan bentuk logo serupa gunungan dengan warna ada paduan antara ungu dan biru langit, serta memiliki latar belakang warna putih dan tulisan ‘Pusaka’.

Pengguna aplikasi ini bisa menggunakan untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji dan juga jemaah dapat mengetahui beberapa informasi lainnya.

Cara Cek Keberangkatan Haji Melalui Aplikasi Pusaka

Adapun untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji, jemaah bisa menggukana Aplikasi Pusaka ini dengan langkah berikut:

  1. Silahkan Anda Buka aplikasi Pusaka;
  2. Kemudian pilih menu “Islam”;
  3. lalu pada menu “Layanan Haji & Umrah” Anda pilih menu “Estimasi Keberangkatan”;
  4. Masukan nomor porsi pada kolom yang tersedia
  5. Selanjutnya Anda tekan “Cari Nomor Porsi”
  6. Setelah itu akan muncul data estimasi keberangkatan yang mencakup informasi sebagai berikut:
  7. Nomor porsi:
  8. Nama:
  9. Kabupaten/kota:
  10. Provinsi:
  11. Posisi porsi pada kuota provinsi/kabupaten/kota/khusus:
  12. Kuota provinsi/kabupaten/kota/khusus:
  13. Perkiraan berangkat tahun Masehi:
  14. Perkiraan Berangkat tahun Hijriah.

Untuk mengetahui Nomor porsi silahkan bisa dilihat dalam berkas pendaftaran yang telah diterbitkan oleh kantor Kemenag kabupaten/kota pada saat jemaah mendaftar.

Nomor porsi tersebut berupa rangkaian 10 angka. Sehingga, pada saat melakukan pengecekan, Jemaah perlu memastikan angka yang sudah dimasukkan memang nomor porsi, bukan nomor yang lainnya.

Selain Anda bisa mengetahui melalui aplikasi pihak Kementerian Agama juga menyediakan layanan bagi calon jemaah haji yang sudah mendaftar sehingga bisa memantau antrean dengan secara online.

Maka untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, Para jemaah dapat memantaunya melalui fasilitas yang tersedia pada situs resmi Kementerian Agama RI.

Cara Cek Nomor Porsi Untuk Perkiraan Keberangkatan Haji

Adapun untuk cara cek perkiraan berangkat haji melalui situs resmi Kemenag adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan Buka link https://haji.kemenag.go.id/v4/.
  2. Kemudian Scroll ke bawah sampai menemukan kolom “Perkiraan Berangkat”;
  3. lalu Anda masukkan nomor porsi pada kolom perkiraan berangkat;
  4. Selanjutnya Anda klik tombol “Cari”.

Untuk Nomor porsi sudah tertera dalam bukti setoran awal yang Anda dapatkan pada saat mendaftar haji di bank.

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai jemaah haji plus, Maka bisa meminta bantuan dari travel haji plus pada tempat Anda mendaftar.

Akhir Kata

Demikian untuk informasi yang bisa Anda dapatkan tentang Aplikasi Pusaka dan cara cek keberangkatan jemaah haji.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *