Mitra Darat Apk: Cara Menggunakan Aplikasi Mudik Gratis 2023

Mitra Darat Apk: Cara Menggunakan Aplikasi Mudik Gratis 2023

Mitra Darat Apk: Cara Menggunakan Aplikasi Mudik Gratis 2023 – Apabila Anda ingin mendapatkan mudik secara gratis maka bisa mengikuti sebuah program dengan menggunakan Aplikasi Mitra Darat Apk.

Dimana untuk pendaftran program ini dibuka pada tanggal 13 Maret 2023 yang sudah dibuat langsung oleh pemerintahan Indonesia, yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) atau yang lebih akrab dengan sebutan Dishub.

Dalam cara mengikuti pendaftaran program ini masih terbilang mudah, karena bisa dilakukan dengan secara online. Adapun untuk keterangan lebih lengkapnya Anda bisa Anda simak pada artikel ini sampai dengan selesai.

Apa Itu Mitra Darat Apk Mudik Gratis 2023?

Sudah diketahui bersama bahwa mudik merupakan kebiasaan atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Yang mana dalam kebiasaan ini bukan tanpa tujuan apapun, karena dengan melakukan mudik banyak orang yang bisa bertemu dengan sanak saudara yang sedang tinggal di kampung halaman.

Namun untuk aktivitas mudik yang seperti ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit apalagi apabila dari daerah Sumatera ke Jawa.

Dengan demikian pihak Kementerian Perhubungan telah membuka program mudik gratis di tahun 2023 ini sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Hadirnya program ini, tentu akan banyak membantu masyarakat yang ingin mudik atau pulang ke kampung halaman menjelang lebaran pada tahun 2023 ini.

Kabar gembiranya untuk program mudik gratis ini sudah dibuka sejak tanggal 13 Maret 2023 sampai dengan 14 April 2023 dengan menggunakan bus.

Maka untuk Anda yang ingin bergabung dengan program ini, Harus menginstall aplikasi Mitra Darat Apk terlebih dahulu di smartphone masing-masing karena untuk proses pendaftaran dilakukan dengan secara online.

Cara Menggunakan Mitra Darat Apk

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan Aplikasi Mudik Gratis 2023 ini maka bisa menginstall langsung melalui google playstore maupun App Store.

Anda tinggal masuk dan melakukan pencarian dengan kata kunci “Mitra Darat” ketika aplikasinya berhasil ditemukan maka bisa langsung saja menginstalnya agar terpasang pada perangkat Anda.

Setelah berhasil terpasang maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran, Namun sebelumnya Anda harus ketahui apa saja syarat yang diperlukan.

Syarat Menggunakan Mitra Darat Apk Mudik Gratis

Agar dapat mempermudah proses pendaftaran tentu saja perlu mengetahui apa syarat untuk bergabung dalam program ini.

Adapun untuk beberapa syarat yang harus Anda semua siapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus memiliki dokumen kependudukan KTP, SIM, atau KK
  2. Hanya boleh mengisi 1 kota tujuan mudik
  3. Hanya bisa melakukan PP dengan mudik gratis, dengan mendaftrakan secara bersamaan ketika pendaftaran mudik dan kota tujuan mudik merupakan kota tujuan arus balik mudik
  4. Hanya diberikan waktu maksimal H+7 setelah tanggal pendaftaran melakukan registrasi/validasi ulang pada posko yang ditentukan
  5. Apabila sudah melebihi 7 hari tidak melakukan validasi ulang maka jatah kuota peserta akan dianggap hangus dan tidak bisa mendaftar ulang karena NIK telah diblokir sistem.

Cara Daftar Program Mudik Gratis di Mitra Darat Apk

Ketika sudah mengetahui syarat dan ketentuan dari program mudik gratis 2023 melalui Aplikasi Mitra Darat Apk ini maka apabila Anda ingin mendaftar bisa mengikuti petunjuk berikut:

  1. Silahkan membuka aplikasinya dan mendaftar
  2. Lalu masuk menggunakan akun google Anda masing-masing
  3. Selanjutnya masukkan nomor hp aktif Anda untuk mendapatkan kode verifikasi
  4. Ketika sudah menerima kode verifikasi, masukkan pada kolom kode verifikasi
  5. Kemudian tap menu “Mudik Gratis pada halaman aplikasi
  6. Lalu Anda pilih titik keberangkatan serta tujuan mudik
  7. Silahkan pilih bus dengan kuota yang masih tersedia
  8. Kemudian isi data diri Anda dengan lengkap dan Tap “Selesaikan pesanan tiket”
  9. Selanjutnya, Anda bisa kembali pada menu mudik gratis
  10. Setelah itu Tap ikon “Tiketku” pada bagian pojok kanan atas
  11. Pilih “Tiket” yang sudah dipesan dan tap tombol “Lihat QR”
  12. Anda bisa melakukan validasi kode QR pada titik validasi yang sudah disediakan
  13. Selesai

Akhir Kata

Begitulah untuk informasi tentang Aplikasi Mudik Gratis 2023 dengan menggunakan Aplikasi Mitra Darat Apk yang bisa Admin sampaikan untuk Anda.

Semogar artikel ini bisa memberikan manfaat dan sampai jumpa pada beberapa informasi menarik yang lainnya.

You May Also Like

About the Author: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *